Selasa, 26 September 2017

Simak 7 Fakta Menarik tentang Hujan



Hujan dan 7 Fakta Menarik yang Mengelilinginya.

Hujan

Indonesia adalah salah satu negara yang beriklim tropis, dimana di iklim ini dikenal dengan curah hujannya yang tinggi. Banyak orang yang menyukai hujan karena bagi banyak orang, hujan adalah berkah. Tanaman tumbuh subur, kebutuhan air tercukupi, dan siklus peredaran air di bumi berjalan baik. Tak jarang hujan menjadi bencana jika manusia enggan menjagaekosistem yang ada. Namun dibalik itu semua, alam hanya berusaha untuk memperbaiki diri. Disisi lain mungkin ada banyak fakta yang terlewatkan jika membahas mengenai hujan. Berikut ini kami telah rangkum 7 fakta unik dan menarik tentang Hujan. 



Baca juga info : kursus bahasa arab di pare
 

Hujan

1. Dalam satu detik, terdapat sekitar 16 juta ton air menguap dari dalam bumi. Jumlah ini pada dasarnya sama dengan jumlah banyaknya air yang turun ke bumi dalam setiap detiknya. Jumlah ini diperkirakan akan mencapai 505×1012 ton dalam satu tahun. Sebenarnya Air di bumi ini terus berputar dalam siklus atau daur yang seimbang berdasarkan “takaran”nya.
2. Ketinggian awan hujan adalah sekitar 1.200 meter hingga 10.000 meter. Tak heran jika terkadang hujan tampak begitu lebat dan berlangsung cukup lama, hal itu adalah karena awan hujan menyimpan air yang cukup banyak hingga ketinggian sekian.



Baca juga info : kursus bahasa arab
 

Hujan
3. Air  hujan yang jatuh ke bumi hanya memiliki kecepatan yang rendah lantaran titik hujan yang jatuh memiliki bentuk khusus yang berubah- ubah hingga meningkatkan efek gesekan antara titik air dengan atmosfer serta membuat titik hujan yang turun ke bumi menjadi melaju dalam kecepat-an yang lebih rendah. Rata-rata kecepatan jatuhnya air ke bumi hanyalah 8-10 km/jam. Jika bentuk  air berbeda, atau apabila atmosfer bumi tak memiliki efek gesekan maka tak bisa dibayangkan jika air tampak seperti gelembung yang besar turun dari langit dan nampak jelas akan membuat bumi hancur setiap kali hujan. Kenyataannya butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik.



 

Hujan
4. Setelah hujan turun, maka ilalang, tanah, serta rerumputan akan mengeluarkan bau wangi hujan yang nampak khas, berdasarkan penelitian para ahli senyawa ini dinamakanpetrichor’.
5. Jika butiran air tersebut dibekukan maka hasilnya tidak akan seperti air biasa yang mengalami pemkuan di freezer melainkan akan membentuk keping kristal yg indah, anda pernah melihatnya? Ini umumnya hanya dapat dilihat di negara empat musim.
6. Efek yang akan ditimbulkan oleh satu tetes air yang terjatuh dari ketinggian 1.200 meter hingga 10.000 meter sama dengan jatuhnya benda seberat 1 kg dari ketinggian 15 cm.



 
Hujan

7. Fakta Hujan yang terakhir adalah yang paling misterius dan mengejutkan ilmuan.  Hal ini adalah karena adanya penelitian yang membenarkan bahwa Hujan dapat menghipnotis manusia agar me-resonansi-kan ingatan dari masa lalu. Bahkan tanpa bukti ilmiah yang jelas, para ilmuan mengungkapkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar